Ratni213's Blog

April 11, 2010

Landasan Filosofis Makna Hidup

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 6:24 pm

Menurut Bastaman, (1996) Logoterapi mempunyai tiga landasan filosofis yang antara satu dan lainnya berkaitan erat dan saling menunjang. Makna hidup merupakan salah satu diantara filosofi yang saling berkaitan itu. Landasan itu adalah :
a. Kebebasan berkehendak (Freedom of will)
Dalam keadaan logoterapi, manusia adalah mahluk yang terbatas dan memiliki kebebasan yang juga terbatas, artinya manusia tidak lepas dari kondisi-kondisi yang melingkupinya, tetapi bebas untuk menyikapi berbagai kondisi yang dihadapi. Frankl (1984) menyatakan bahwa hidup manusia tidak sepenuhnya dikondisikan dan dipengaruhi, ia dapat menentukan sikap untuk menyerah atau mengatasi keadaan nya bahkan pada situasi yang tidak dapat diubah, ia dapat memutuskan hidup yang dijalani dan hidupnya di masa yang akan datang. Kebebasan yang dimaksud adalah kebebasan untuk menentukan sikap (freedom to take a stand) terhadap kondisi itu. Manusia juga mampu mengambil jarak (to detach) terhadap kondisi-kondisi diluar dirinya, bahkan terhadap dirinya sendiri (self ditechment). Kemampuan-kemampuan inilah yang kemudian membuat manusia disebut sebagai “the self-determining being” yang menunjukkan bahwa manusia mempunyai kebebasan untuk menentukan sendiri apa yang dianggap baik dan penting dalam hidupnya. Menurut Frankl (1984) kebebasan adalah setengah dari kebenaran, maksudnya di dalam kebenaran terkandung aspek negatif yaitu kebebasan, dan aspek positifnya adalah sikap bertanggung jawab, oleh karena itu agar kebebasan tidak berkembang menjadi kesewenangan maka dalam pandangan logoterapi kebebasan harus diimbangi dengan sikap tanggung jawab (responsibility). Logoterapi menganggap sikap tanggung jawab ini merupakan esensi dasar kehidupan manusia.
b. Kehendak Hidup Bermakna (Will to Meaning)
Menurut Frankl (1968) setiap manusia secara alamiah memiliki kehendak untuk hidup bermakna. Kehendak inilah yang pada akhirnya mengarahkan kehidupan manusia untuk menemukan makna hidupnya. Logoterapi memandang perjuangan untuk menemukan makna hidup merupakan motivasi utama dalam hidup manusia. Hasrat ini memotivasi setiap orang untuk memberikan sesuatu yang berharga dan berguna dalam kehidupan dengan melakukan tindakan-tindakan nyata misalnya : bekerja, berkarya, dan melakukan kegiatan-kegiatan penting lainnya. Tujuannya adalah agar hidup berharga dan dihayati secara bermakna. Hasrat hidup bermakna adalah fenomena yang benar-benar nyata dan dirasakan penting dalam kehidupan manusia. Hasrat ini membantu manusia mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi.
Frankl menyebutnya sebagai “the will to meaning” bukan “the drive to meaning” karena makna dan nilai-nilai hidup tidak mendorong (to pust, to drive) tetapi bersifat menarik (to pull) dan menawarkan (to offer) seseorang untuk memenuhinya.
c. Makna Hidup (Meaning of Life)
Hidup adalah sesuatu yang dianggap penting, benar, berharga, dan didambakan serta memberikan nilai khusus bagi seseorang. Makna hidup terkandung dan tersembunyi dalam setiap situasi yang dihadapi manusia, ia mengarahkan manusia untuk mengambil peranan dalam hidup bersama dengan manusia lain. Jika seseorang berhasil dalam menemukan makna hidupnya akan menimbulkan penghayatan bahagia (happiness) sebagai efek sampingnya (Bastaman, 1996). Makna hidup ini merupakan sesuatu yang unik dan khusus, dan hanya bisa dipenuhi oleh individu yang bersangkutan.

Sumber : http://indahoktavianti.ngeblogs.com/2009/10/19/makna-hidup/

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: