Ratni213's Blog

April 11, 2010

Karir Sebagai Profesional Keamanan Informasi

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 6:07 pm

Saat ini, semakin banyak manajemen puncak yang menyadari bahwa memiliki seseorang atau bahkan sebuah tim yang kompeten dibidang keamanan informasi merupakan suatu keharusan. Namun, para manajer TI maupun bagian Sumber Daya Manusia menghadapi kesulitan merekrut karyawan baru untuk memenuhi tuntutan tersebut.
Disisi lain, “Bagaimana berkarir menjadi seorang profesional keamanan informasi dan sertifikasi apa yang harus dimiliki?” merupakan pertanyaan yang kerap diutarakan oleh para profesional TI.
Integritas
Tanggung-jawab mengamankan sistem dan informasi memiliki tantangan tersendiri. Dalam security assessment, seorang profesional terkadang berhasil membongkar lebih dari 70% password users yang ada dalam sistem. Dengan informasi yang dimiliki, bisa dikatakan dia bisa melakukan apa saja tanpa batas, dan menjadi amat sulit dicegah atau diketahui. Diluar kompentensi, integritas seorang professional keamanan TI menjadi hal yang tidak bisa dikompromikan.
Dalam struktur organisasi perusahaan modern yang paham pentingnya keamanan informasi, posisi Tim Keamanan TI menjadi amat strategis. Pada beberapa perusahaan, walau secara struktur pengawasan dan pembinaan karyawan berada didalam tim TI, namun tim ini memiliki hubungan langsung dengan manajemen puncak perusahaan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: