Ratni213's Blog

Januari 4, 2010

Menimbang manfaat situs jejaring sosial

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 1:32 pm
Seiring dengan semakin banyaknya pegawai perusahaan yang menggunakan social networks (jejaring sosial), seperti facebook dan Linkedln, semakin banyak perusahaan yang merasa bahwa tren tersebut meningkatkan ancaman terhadap keamanan informasi perusahaan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Sophos, sebuah perusahaan pengembang antivirus, sekitar 63% dari administrator sistem mengkhawatirkan kehadiran jejaring sosisal tersebut. Mereka khawatir pegawai yang terlalu mudah memberikan informasi pribadi mereka di berbagai situs jejaring sosial akan meningkatkan risiko terhadap infrastruktur TI perusahaan.

Sebanyak 25% dari perusahaan yang disurvei juga melaporkan bahwa mereka telah menjadi korban serangan phishing, spam dan malware melalui berbagai situs seperti Twiter, Facebook, Linkedln, dan MySpace.
Menurut Sophos, semula perusahaan hanya mengkhawatirkan mengenai waktu yang dihabiskan oleh pegawai mereka mengakses dan menggunakan jejaring sosial. Sekarang mereka juga sangat khawatir dengan peningkatan kejahatan cyber (cyber crime) yang terkait dengan jejaring tersebut.

Salah satu kendala dalam mengatasi masalah tersebut terkait dengan pengendalian akses ke situs-situs jejaring sosial.

Berdasarkan studi Sophos, hanya 50%-60% perusahaan yang mengendalikan akses untuk situs-situs seperti Facebook, Twitter dan MySpace. Perusahaan-perusahaan yang mengendalikan akses ke situs-situs tersebut menyatakan bahwa produktivitas yang hilang (lost productivity) adalah alasan utama mereka melakukannya, sedangkan 12%-17% melakukannya karena masalah kebocoran data dan serangan malware.

Yang menarik dari studi tersebut, 7% dari responden menyatakan bahwa mereka tidak tahu mengapa akses ke situs jejaring sosial harus dikendalikan. Sekitar 25% dari responden juga tidak dapat memastikan apakah mereka atau kolega mereka pernah mengalami serangan spam yang berasal dari situs jejaring sosial.

Walaupun demikian, ada baiknya manajemen perusahaan melakukan analisa cost-benefit dari penggunaan jejaring sosial terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan memblokirnya. Mereka berpendapat dengan penggunaan yang tepat, situs-situs tersebut juga mampu memberikan manfaat baik bagi perusahaan maupun pegawainya.

Misalnya, memanfaatkan Facebook sebagai media untuk merekrut pegawai baru. Facebook menyediakan banyak baik informasi maupun profil calon pegawai yang dapat dianalisis terlebih dahulu agar perusahaan lebih mampu menilai karakter dan kebiasaan calon pegawainya.

Sumber : http://www.inaplas.org/index.php?option=com_content&view=article&id=2547%3Amenimbang-manfaat-situs-jejaring-sosial&catid=28%3Ateknologi-informasi&Itemid=31&lang=en

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: