Ratni213's Blog

Januari 1, 2010

Rencana Pemindahan Komodo ke Bali

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 5:40 pm

Rencana pemindahan komodo ke Bali dibantah semata-mata untuk daya tarik wisata, hal ini dikemukakan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik seusai melakukan penandatanganan perjanjian pengelolaan danau pada Konferensi Danau Indonesia I di Sanur, Bali, Kamis (13/8/2009). Jero Wacik memaparkan bahwa tujuan pemindahan komodo itu ke Bali adalah untuk penyelamatan spesiesnya dari kepunahan bukan untuk tujuan pariwisata atau komersial. Dan Bali sudah memiliki daya tarik khusus dari segi budaya dan kultur masyarakatnya. Bilamana wisatawan ingin melihat komodo, silakan saja berkunjung ke Pulau Komodo di Flores, NTT, bukan harus ke Bali terang beliau.

Jero juga menambahkan bahwa ada sejumlah pulau di luar Pulau Komodo yang spesies komodonya nyaris punah lantaran tidak tersedianya sumber makanan yang mencukupi dan juga persaingan dengan manusia. Untuk menyelamatkan hewan purba ini, maka menteri kehutanan berinisiatif melakukan penangkaran di Bali. Jika sudah berkembang biak dengan baik akan dilepas lagi ke habitat asalnya.

Terdapat sebuah pulau di Flores yang dihuni puluhan komodo, dan kini hanya tinggal 16 ekor saja. Hal ini maunya diselamatkan sebab dihabitatnya itu komodo tidak bisa berkembang biak lantaran kelaparan, sehingga setiap telur yang menetas dimakan induknya. Untuk menyelamatkan kadal raksasa tersebut, papar Jero Wacik, perlu dilakukan penangkaran di Bali atas dasar kesanggupan pihak terkait menjamin keselamatan hewan langka itu. Penangkaran bisa dilakukan dimana saja, sepanjang ada yang menjamin ketersediaan makanan.

Sumber:http://www.citraindahrumahku.com/2009/08/rencana-pemindahan-komodo-ke-bali/

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: