Ratni213's Blog

Januari 1, 2010

Keistimewaan Pulau Komodo

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 5:29 pm

Di pulau komodo ini wisatawan dapat melihat hewan komodo yang merupakan species kadal terbesar di dunia. Selain itu wisatawan juga dapat melihat aktifitas lain hewan langka ini, seperti perkawinan yang biasanya terjadi antara bulan mei sampai agustus. Bagaimana cara komodo ini melahap hewan-hewan lain, seperti rusa, kambing, dll. Yang unik lagi, dapat menyaksikan para hewan komodo ketika sedang berjemur di pagi hari.
Selain itu setiap petugas membawa tongkat kayu berukuran 2 meteran dengan ujung bercabang dua sebagai senjata kalau ada komodo yang mengganggu. Dengan teknik yang tepat, sodokan ujung tongkat ke bahu komodo akan membuat hewan ini mundur.
Di kawasan ini Komodo adalah raja rantai makanan karena tidak punya pemangsa. Mereka memangsa apa saja, mulai dari kerbau liar, rusa, termasuk bahkan anak komodo dan komodo dewasa. Lidahnya yang super sensitif bisa menangkap bau darah dari jarak lebih dari satu kilometer. Gayanya menangkap mangsa adalah dengan bermalas-malasan seperti tidak peduli, tapi begitu mangsa mendekat, secepat kilat mereka menyerang. Bila mangsa belum lumpuh dalam serangan pertama, air liurnya yang mengandung bakteri mematikan membuat mangsa yang sudah dilukai lama-lama akan lemah.

Sumber : http://tinarestiana.blog.upi.edu/2009/07/06/pulau-komodo/

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: