Ratni213's Blog

Desember 6, 2009

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 3

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 7:51 am

Metode P enyembuhan Ketergantungan Obat dengan Metode Alami

 

Metode ini baik dilakukan bial pecandu sudah selesai menjalani tahap rehabilitas. Juga baik bagi bukan pecandu, yang ingin menguras racun-racun kimia yang sudah terkumpul dalam tubuhnya.

Tubuh kita sebenarnya secara alami melakukan proses membuang dan menetralisasi racun (proses detoksifikasi) lewat pengeluaran urin, pernapasan, tinja, dan keringat.

Empat organ utama yang terlibat, yakni hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Efek detoksifikasi antara lain system pencernaan akan lebih baik, kulit lebih bercahaya, sakit punggung, persendian ataupun rasa sakit kronik lainnya kan hilang, dan vitalitas serta energy meningkat. Detoksifikasi alami yang popular, antara lain:

  1. Asupan air

Minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Air membantu mengeluarkan racun lewat kulit, ginjal, juga keringat. Air melarutkan zat-zat kimia dalam darah, membersihkan darah, membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Kekurangan air akan mengakibatkan darah lengket dan kental, menyumbat dan meracuni system di dalam tubuh. Air teh dan jus buah-buahan segar juga merupakan sumber air yang baik.

  1. Pola makan sehat

Mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan segar, serta mengurangi jenis makanan yang merugikan tubuh akan membantu proses detoksifikasi secara optimal. Buah-buahan, sayur-sayuran, polong-polongan, dan makanan dengan sedikit pengolahan (beras merah, roti gandum, havermouth) berkadar serat tinggi yang membantu pengeluaran toksin dari tubuh. Jenis makanan ini juga tinggi karbohidrat, yang lebih mudah dicerna dibanding protein dan lemak.

  1. Konsumsi antioksidan

Enzim antioksidan dalam tubuh akan memerangi radikal bebas. Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak, enzim tubuh memerlukan bantuan zat-zat antioksidan dari luar seperti vitamin A, C, dan E.

Antioksidan yang paling efektif terdapat dalam makanan utuh dan alami. Untuk memastikan kecukupan asupan antioksidan, konsumsilah sedikitnya lima porsi buah dan sayur tiap hari.

  1. Olahraga pijat

Olahraga pijat, perawatan kulit dan lain-lain aktifitas fisik rutin membantu proses pengeluaran racun melalui keringat. Selain memacu keringat, olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang system limpa. Juga bermanfaat untuk menurunkan stress serta menstabilkan emosi. Pijat dapat memperlancar sirkulasi darah, membuat rileks dan melepaskan stress.

Menyikat kulit dalam keadaan kering sebelum mandi mrmbsntu membersihkan toksin dari pori-pori, juga merupakan stimulasi yang baik untuk system limpa dan sirkulasi.

Sauna merupakan metode detoks yang efektif karena membantu proses penyembuhan, menghilangkan demam, memacu keringat. Juga meningkatkan metabolisme dan aktifitas organ-organ vital serta kelenjar-kelenjar tubuh.

  1. Puasa

Dianjurkan berpuasa dengan jus dalam jangka pendek (2-3 hari) dengan langkah-langkah berikut :

–      Sedikitnya 3 hari sebelum puasa, asuplah makanan bergizi yang mudah dicerna. Hindari alcohol, kafein, dan gula.

–      Untuk membersihkan tubuh, minumlah 10-15 gelas air putih jus buah serta jus sayuran setiap hari

–      Tak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin atau mineral, saat puasa.

–      Saat tubuh mengeluarkan racun, anda akan merasa pusing, lelah, dan pening.

–      Anda akan merasa lapar, jadi coba lakukan aktifitas lain.

–      Menggunakan laksatif alami seperti lidah buaya pada saat berpuasa membantu proses eliminasi racun-racun dari dalam tubuh secara lebih efektif.

–      Akhiri masa puasa (berbuka) secara bertahap.

–      Hari ketiga saat puasa usai, anda akan merasa ringan, bersih, dan sehat.

 

Referensi : dikutip dari beberapa sumber.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: