Ratni213's Blog

November 21, 2009

tugas ilmu sosial dasar

Filed under: Uncategorized — ratni213 @ 6:29 am

PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS)

Puskesmas merupakan suatu layanan kesehatan untuk masyarakat secara umum. masyarakat cenderung lebih memilih puskesmas karena biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan oleh klinik-klinik. Hal ini karena puskesmas memperoleh sebagian dana dari pemerintah. Hal ini membuktikan bahwa Negara sangat memperhatikan  masyarakat. pemerintah harus lebih optimal lagi dalam membangun sebuah puskesmas dan mempertahankan puskesmas yang sudah ada agar lebih baik dalam melayani masyarakat.

 

  1. a. Pengertian Puskesmas

Puskesmas adalah pusat kesehatan masyarakat yang bertempat di kecamatan-kecamatan sebagai pengganti keberadaan rumah sakit dan klinik-klinik kesehatan yang bertanggung jawab atas kesehatan rakyat. Puskesmas merupakan instansi pemerintah yang wajib bertanggung jawab atas kesejahteraan kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak di setiap kecamatannya, terlebih lagi pada daerah-daerah pedalaman yang sulit untuk menjangkau rumah sakit dikarenakan akses terhadap infrastruktur desa yang masih sangat kurang. Namun pada kenyataannya puskesmas menjadi tempat yang terlalu demokratis bagi kesehatan rakyat, puskesmas hanya difasilitasi secara minimal oleh pemerintah dengan kualitas pelayanan yang seadanya. hal ini dapat dilihat dari fasilitas penunjang alat-alat kesehatan yang sudah tidak valid untuk pelayanan kesehatan, dokter yang sangat sedikit (kebanyakan adalah sukarelawan), belum lagi fasilitas penyediaan obat-obatan yang sangat terbatas. akhirnya keberadaan puskesmas patut di pertanyakan sejalan   dengan alokasi anggaran kesehatannya. Anggaran kesehatan merupakan anggaran terbesar kedua untuk dinas di setiap daerah setelah anggaran pendidikan namun tetap saja tidak ada dampaknya.

Puskesmas merupakan unit pelaksana di wilayah kecamatan yang melaksanakan tugas-tugas operasional pembangunan kesehatan di tingkat wilayah kecamatan. Pembangunan puskesmas di tiap kecamatan memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara kesehatan masyarakat. Apabila berfungsi, maka akan mampu memberikan pelayanan masyarakat yang membutuhkan puskesmas. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, puskesmas terlebih dahulu harus dapat mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Masalah ketenaga kerjaan baik itu dari sisi kebijakan pemerintah daerah, ketersediaan dan jaringan, mutu dan distribusi antar perkotaan, pedesaan dan desa tertinggal, pandangan yang ada di masyarakat mengenai mutu pelayanan puskesmas, serta kurang jelasnya peran puskesmas dalam pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin, merupakan bagian dari masalah-masalah yang terlebih dahulu harus diselesaikan untuk mencapai tujuan didirikannya puskesmas. Adanya puskesmas yang telah mendapatkan sertivikasi ISO 9002 merupakan bukti nyata adanya komitmen pemerintah daerah dan tim manajerial puskesmas serta seluruh tenaga kerja puskesmas dalam usaha peningkatan mutu puskesmas.

  1. b. Tujuan:

Tujuan puskesmas adalah sebagai sarana bertukar informasi mengenai perkembangan dan kondisi puskesmas, meningkatkan motivasi dalam pengembangan puskesmas, membangun semangat kerjasama dalam membangun kesehatan masyarakat indonesia.

  1. c. Puskesmas dapat menyembuhkan gangguan jiwa

Untuk mempermudah akses pelayanan gangguan jiwa, program kesehatan jiwa harus menjadi pelayanan primer Puskesmas dan bukan hanya menjadi program pilihan dan pengembangan. Alasannya, kesehatan jiwa adalah bagian integral aspek kesehatan dan kesejahteraan. Dengan menjadi primer, pelayanan kesehatan jiwa menjadi optimal. Bahkan kini semakin banyak tenaga medis dokter dan perawat umum Puskesmas yang dapat menangani gangguan jiwa. Mempermudah dan mendekatkan pelayanan gangguan jiwa di Puskesmas dapat meniminalisasi stigma dan diskriminasi masalah gangguan jiwa. Selain itu biaya pelayanan di Puskesmas jauh lebih murah daripada Rumah Sakit Umum atau Rumah Sakit Jiwa. Sudah ada tiga Puskesmas yang menjadikan kesehatan jiwa sebagai program prioritas yakni Puskesmas di Kabupaten Bireun (Aceh), Sindang Barang (Bogor), dan Tebet (Jakarta Selatan).

  1. d. Pembangunan Puskesmas perlu ditingkatkan

Pembangunan puskesmas perlu ditingkatkan karena masih terdapat pembangunan puskesmas yang belum maksimal dan mengakibatkan salah satu gedung puskesmas ambruk didesa Banjaragung, kecamatan Rengel, kabupaten Tuban. Hal ini mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam berobat. Seperti yang diketahui, puskesmas sangat membantu dalam kesehatan masyarakat terutama bagi rakyat miskin.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: